Interaktif Blog


RESUME KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI
OLEH : SETYOWATI

PERTEMUAN 5 GELOMBANG 29
RABU, 28 JUNI 2023 PUKUL 19.00
BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
NARASUMBER : DAIL MA'RUF, M.Pd
MODERATOR    : HELWIYAH, S.Pd, M.M

Bagi pemikir, buah pikirnya hanya akan bersemayam dalam pikiran jika tak diucapkan dan ditulis ...
 ( kalimat motivasi awal dari Ibu Moderator pertemuan 5 - Ibu Helwiyah)_

           Era industri 5.0 tentu lekat dengan pengalaman konsumen untuk memperoleh produk yang lebih interaktif, responsif, dan mudah terdistributif. Untuk menunjang hal ini, muncullah beragam inovasi yang mengarah pada kesiapan menyesuaikan era itu. Salah satu media tulisan yang mengarah pada kesesuaian dengan kebutuhan era 5.0 adalah blog.  Blog dapat sebagai media komunikasi, media tulisan, bahkan media pembelajaran yang cukup kompatibel. Sebagai media komunikasi dan tulisan, blog tentu sudah dikenal? Tapi bagaimanakah dengan blog sebagai media pembelajaran? Sudah siapkah kita untuk melihat blog lebih jauh? Yuk belajar bersama  Pak Dail.

            Pak Dail Ma'ruf, ketua kelas KBMN 20 yang terlahir 1977 ini menjelaskan cukup lugas dari sisi pengertian, jenis, maupun bagaimana bentuk blog sebagai media pembelajaran. Beragam pengertian disuguhkan oleh beliauMenurut beliau yang dikutip ulang dari wikipedia , "Blog (dari kata web log[1]) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut   " https://id.wikipedia.org/wiki/Blog 

            Dari kompasiana , kita dapat mengetahui bahwa " Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu".https://www.kompasiana.com/harisusanto/55006e3ba33311fb6f510fd6/pengertian-dan-sejarah-blog

            Ada sekitar 12 jenis blog yang dapat kita ketahui . Diantaranya adalah blog pendidikan, blog sastra, blog pribadi, blog bertopik, blog hukum, blog media, blog agama, dan blog bisnis.


Setiap blog memiliki kekhususan tersendiri. Kekhususan ini dapat kita lihat dari sisi penamaan blog tersebut. 
            Blog membawa banyak manfaat baik sebagai rumah belajar, berbagi, meringankan tugas, media silaturahim, dan dapat diakses oleh siapapun terutama siswa kita sebagai media pembelajaran. Dengan keberadaan blog sebagai media pembelajaran maka pembelajaran jauh menjadi lebih menarik. Blog membuat pembelajaran jadi lebih interaktif. Untuk mencoba interaktifnya blog, malam  ini peserta dilatih praktik menggunakan blog sebagai pembelajaran yang cukup menarik dengan tawaran hadiah dari Pak Dail yang baik hati, sang ketua Yayasan Semesta Alam Madani Kota Serang. Ibu Helwiyah pun memberikan semangat terus pada peserta agar terlibat secara langsung dengan kegiatan ini. Pertanyaan yang diajukan oleh Pak  Dail langsung terdistribusi secara cepat dan terjadi umpan balik langsung yang cukup inspiratif. Patut dicoba ya... semangat berkarya untuk generasi.

Terima kasih Pak Dail dan Ibu Helwiyah.









    


 

Komentar

  1. wah kren luar biasa. mksh banyak bu Atik , sehat dan sukses slalu. Resume yang mencerahkan dan enak dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Pak.. . Mohon bimbingannya

      Hapus
  2. Apakah sudah pernah membuat blog sebagai media pembelajaran?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Kebaikan Pengukir Prestasi

Belajar dari Resume