Membangun Komitmen Menulis di Blog



RESUME KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI
OLEH : SETYOWATI

PERTEMUAN 8 GELOMBANG 29
RABU, 12 JULI PUKUL 19.00
KOMITMEN MENULIS DI BLOG
NARASUMBER : Drs. DEDI DWITAGAMA, M.Si
MODERATOR    : DAIL MA'RUF, M.Pd

            Menulis merupakan bentuk kegiatan menuangkan ide, pikiran, atau gagasan dalam bentuk tulisan. Banyak hal yang mendukung proses menulis tersebut. Selain niat, ikhtiar, media, komitmen juga dipentingkan menuju hasilnya. 
                 Bagaimana cara menjaga komitmen menulis? 
Kelas malam ini , kami dicerahkan oleh guru blognya om Jay, pakar blog yang telah melalang buana yaitu Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. Materi kali ini tentang Blog dan komitmen menulis. Menurut beliau, " Blog itu adalah rumah digital yang bisa kita isi apa aja dan orang  lain bisa membaca, memberi komentar, dan lainnya". 
            Yuk kita ngulik blog dan komitmennya. Dengan teknik buka pertanyaan via Whatssapp, kegiatan pembelajaran cukup aktif dan interaktif yang kadang kala diselingi suara voice note beliau untuk menjabarkan jawaban dari tiap-tiap peserta yang antusias. Berikut sekelumit ringkasan hasil tanya jawab peserta terkait beragam cara untuk menjaga komitmen:
1. Menulislah setiap hari. Dimana pun.  Tentang apapun.
Biasakan untuk menulis setiap hari. Tentang ide , tempat menuangkan ide, ataupun waktunya bebas saja. Apa pun yang terlintas dalam pikiran dapat menjadi bahan tulisan suka-suka. Awali dengan rsa suka, lambat laun jadi bisa, terbiasa, dan luar biasa. Asah terus keterampilan menulisnya.
2. Kelola semangat menulis
Tak perlu memikirkan semangat atau tak bersemangat dalam menulis. Fokus pada kebiasaan menulis yang ingin ditulis. Apapun dapat ditulis dan menjadi ide untuk terus berkarya dalam tulisan.
3. Gunakan beragam media menulis
Tempat menulis online saat ini beragam . Ada blog, wordpress, kompasiana, dan lainnya. Silakan datangi masing-masing media. Banyak membaca dan meninggalkan jejak digital berupa komentar hingga kita dapat berkolaborasi untuk saling belajar dengan saling kunjung media tersebut. Hakikatnya jika kita sering berkunjung, tentu media yang dimiliki kita juga akan dikunjungi orang lain.
4. Meningkatkan viewer
Salah satu cara menjaga komitmen dengan berupaya meningkatkan viewer . Semakin banyak viewer tentu timbul rasa ingin terus menulis dan terbangunlah komitmen untuk memberikan tulisan baru bagi para pengunjung.
5. Ciptakan Branding 
Brand/ merek dapat dibuat variatif baik dari sajian tulisannya, desainnya, ataupun cara penyampaiannya. Jika media tulisan, ingin diisi dengan beragam tulisan, silakan saja. Atau ingin dibuat lebih spesifik sesuai tema juga boleh. Hal ini merupakan otoritas penulis . Demikian halnya dengan desain. Buat semenarik mungkin. Dapat dilihat di Youtube. Tentanng cara penyampaiannya juga dapat dipikirkan sebagai brand.  Ada blog yang didalamnya disisipi file word, pdf, atau pun google form agar menarik pengunjung untuk datang terutama siswa yang diberikan tugas lewat media online. Itu pun dapat dilakukan sebagai brand.
6. Berbagi  tulisan
Buat judul yang menarik pembaca. Mulai menulis 2-3 alinea/paragraf dulu. Letakkan hal unik seperti simbol-simbol.Jika ada ide tulisan berasal dari tulisan lain dengan teknik copy, beri pengubahan dengan bahasa sendiri maka akan menjadi tulisan milik sendiri.  Jangan ragu untuk membagikan tulisan ke publik agar tulisan semakin berkembang.
            Reminder akhir yang disampaikan oleh pakar Blog kita yaitu Mari lakukan hal-hal yang kita sukai. Jika itu kebaikan, maka kebaikan-kebaikan itu akan datang pada kita. Mari kita niatkan memulai dengan kebaikan. Semoga Tuhan meridhoi dan memudahkan untuk terus berkomitmen. Terima kasih. 

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Kebaikan Pengukir Prestasi

Belajar dari Resume

Interaktif Blog