Tentang Melintas.Id

 



RESUME KELAS BELAJAR MENULIS NUSANTARA PGRI
OLEH : SETYOWATI

PERTEMUAN 6 GELOMBANG 29
JUMAT, 30 JUNI 2023 PUKUL 19.00
TEKNIK MENULIS UNTUK SITUS PORTAL BERITA MELINTAS ID
NARASUMBER : RAIMUNDUS BRIAN PRASETYAWAN, S.Pd.
MODERATOR    : AROFIAH AFIFI, S.Pd.

       30 Juni 2023 
       Melintas dari kota ke kota
       Melintas dari kata ke kata
       Mencoba mengurai cerita
       Walau sesat gempa terasa

     
             Dari Wonogiri tepat pukul 19.58 saat ruang kuliah maya via Whatss app sudah terbuka 58 menit untuk Kelas Belajar Menulis Nusantara ( KBMN )  terhenti karena gempa begitu terasa. Ya.. 6,4 skala Richter yang berasal dari Bantul. 

                                            ( Foto diambil dari news .detik.com)

              Melintas sekian detik, namun guncangan begitu terasa, hingga kami harus meninggalkan rumah dan berlarian menuju tempat yang lebih aman hingga pukul 22.00. Beruntung Tuhan memberikan ketenangan kembali hingga kami dapat masuk ke rumah dan tetap berwaspada dengan kekhawatiran gempa susulan. Ya.. ternyata gempa ini melintas begitu saja dan membuyarkan kelas malam ini .
             Apakah ini termasuk berita? Dapatkah menjadi berita walau kejadian telah berlalu 3 Minggu lamanya? Mari kita telusuri, salah satu Situs Portal Berita, Melintas.id. Membersamai Bapak Raimundus Brian Prasetyawan selaku narasumber tentang teknik menulis berita, Ibu Arofiah Affi menyapa peserta dengan hangat untuk menembus hati dan pikiran dalam mengubah paradigma berpikir melalui kekuatan ujung pena. Kalimat inilah yang membangkitkan peresume untuk mulai bangkit menulis kembali tentang Melintas. Id.
                Melintas.Id adalah portal berita online yang memiliki ketentuan tersendiri untuk proses muat berita. Melintas merupakan akronim dari Media Literasi Nusantasa Semaja. Terbentuk karena ide untuk membuat media online yang diinisiasi dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis media online.  Dengan tujuan untuk memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI, melintas.id menjadi ruang bersama untuk guru, kepala sekolah, pengawas, dan semua yang bekerja di bidang pendidikan berkolaborasi. Isi media ini spesifik pada informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan. 
                  Di bawah naungan promedia, pengelolaan IT Melintas.Id terjaga beriringan dengan seribu situs portal berita lainnya di seluruh Indonesia. Penjagaan ini pun termasuk dalam hal teknik penulisan. Beberapa ketentuan penulisan yang diatur sebagai berikut:
  1. Tulisan mengandung nilai berita, peristiwa, atau opini.
  2. Tulisan diketik Microsoft Word minimal 350-800 kata. Pengecualian untuk puisi minimal 4 bait, 1 bait terdiriatas 4 baris.
  3. Di bagian akhir tulisan, sertakan nama lengkap, biodata maksimal tiga kalimat, biodata maksimal tiga kalimat, nomor telepon (WhatssApp).
  4. Setiap paragraf terdiri atas maksimal 2 kalimat.
  5. Wajib sertakan gambar, lampirkan dalam email.
  6. Gambar diberikan keterangan ( caption) dan sumber.
  7. Judul email diisi dengan tulisan dan nama anda. Kiirm ke email melintas.2023@gmail.com
  8. Jika tulisan dimuat di melintas.id, link artikelnya akan dikirimkan lewat balasan email.           
                 Ketentuan lainnya bahwa menulis di portal melintas.id berbeda dengan blog. Dengan 10 rubrik meliputi pendidikan,  sastra, parenting, news, religi, sekolah, literasi, ragam, olah raga, dan opini, penulis dapat menentukan tulisan sesuai menu. Khusus menu infotainment tidak tersedia. Pengaturan menu ini agar lebih terarah sesuai tujuan pembentukan situs ini.
                Akses menulis hanya ada pada editor dan tim redaksi. Editor maupun tim redaksi akan mengecek isi dan keaslian tulisan untuk menghindari plagiarisme. Batas tolerasi plagiarisme maksimal 30 % merupakan ketentuannya. Tulisan yang sudah diketik dalam Ms.Word dikirim melalui Google Form dengan cara :
  1. Download format file Word.
  2. Isi seluruh kolom tabel yang disediakan, lalu menulis isi tulisan
  3. Kirimkan ke link Form
                        Ada dua kategori penulis di situs ini yaitu penulis lepas dan penulis tetap. Penulis lepas adalah penulis yang tidak memiliki keterikatan dalam menulis, nemun tetap dapat mengirimkan tulisan melalui email. Penulis tetap adalah penulis  yang memiliki komitmen bergabung dengan melintas.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Kebaikan Pengukir Prestasi

Belajar dari Resume

Interaktif Blog